Pengaruh berbagai ukuran pollen dan waktu penyerbukan terhadap pembentukan buah tanaman kelapa sawit (elaeis guinensis jacq)

Hasibuan, Ahmad Akmal (2017) Pengaruh berbagai ukuran pollen dan waktu penyerbukan terhadap pembentukan buah tanaman kelapa sawit (elaeis guinensis jacq). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Pembentukan buah kelapa sawit yang menurun berimbas pada penurunan produksi tandan buah segar (TBS). Penurunan terbesar pembentukan buah dialami oleh tanaman baru menghasilkan (TM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi berbagai ukuran serbuk sari dan waktu penyerbukan terhadap pembentukan buah tanaman kelapa sawit dengan metode penyerbukan buatan. Penelitian ini dilaksanakan di perkebunan rakyat beralamat di Desa Tanjung Siram, Kecamatan Bila Hulu, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara dari April 2017 sampai dengan Mei 2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor, faktor pertama adalah ukuran serbuk sari, (10 mesh dan 12 mesh), sedangkan faktor kedua adalah waktu penyerbukan (09:00-10:00 WIB, 12:0013:00 WIB, dan 16:00-17:00 WIB) sehingga terdapat 6 kombinasi perlakuan yang diulang tiga kali. Uji lanjut yang digunakan adalah Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukan bahwa interkasi antara berbagai berbagai ukuran serbuk sari dan waktu penyebukan terhadap jumlah buah dan panjang buah terlihat tidak berpengaruh nyata. Pengaruh mandiri berbagai ukuran serbuk sari terlihat berpengaruh nyata pada parameter jumlah buah yang terbentuk, perlakuan terbaik pada ukuran serbuk sari 10 mesh mampu meningkatkan pembentukan buah, sedangakan pada parameter panjang buah tidak berpengaruh nyata. Kemudian pengaruh mandiri waktu penyerbukan terlihat tidak berpengaruh nyata pada parameter jumlah buah yang terbentuk dan panjang buah, sehingga tidak diuji lanjut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan buah; Serbuk sari; Penyerbukan;
Subjects: Specific Techniques of Agriculture > Cultivation
Specific Techniques of Agriculture > Plant Propagation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:55
Last Modified: 17 Feb 2020 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29575

Actions (login required)

View Item View Item