Bimbingan konseling sufistik dalam mengurangi stres pada calon jemaah umrah yang gagal berangkat : Studi kasus calon jemaah umrah PT. Hannien Tour Cibinong-Bogor

Maesaroh, Siti Dede (2019) Bimbingan konseling sufistik dalam mengurangi stres pada calon jemaah umrah yang gagal berangkat : Studi kasus calon jemaah umrah PT. Hannien Tour Cibinong-Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umrah, maka banyak pula perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa tour and travel ibadah umrah. Dengan adanya tour and travel biro perjalanan ibadah umrah yang memudahkan ada lagi masalah baru yaitu banyaknya travel yang menyalahgunakan izinnya, sehingga terjadi kegagalan pemberangkat ibadah umrah. Kegaglan ini berdampak pada psikologis calon Jemaah umrah, yaitu stress. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) penyebab terjadinya kegagalan pemberangkatan ibadah umrah PT. Hannien Tour, 2) kondisi psikologis calon Jemaah umrah yang gagal berangkat PT. Hannien Tour, 3) penerapan bimbingan konseling sufistik dalam mengurangi stress calon Jemaah umrah yang gagal berangkat PT.Hannien Tour. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan spesifikasi penelitian yang bersifat deskriftif analitis dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan mengambil jenis data kulaitatif dan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka, kemudian data yang terkumpu dianalisis dengan metode analitis deskriftif dan metode kualitatif. Menurut Lazarus stress merupakan suatu kondisi dimana individu mengalami banyak tekanan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara keadaan dengan kemampuannya untuk mengahdapi tuntutan sehingga berdampak negatif pada fisik dan psikisnya. Menurut Amin syukur bahwa Bimbingan Konseling Sufistik ialah sebagai upaya dalam membantu individu mengembangkan potensi yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya atau membantu individu menyelasaikan berbagai permasalah yang dihadapinya berdasarkan pada ajaran Islam dengan meneladani kaum Sufi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Penyebab kegagalan pemberangkatan ibadah umrah oleh PT. Hannien Tour yaitu : Ketidakmampuan managemen mengorganisir keberangkatan calon Jemaah umrah, Kegagalan dalam memilah anatar calon Jemaah paket promo dengan calon Jemaah umrah paket regular, Kegagalan dalam mengelola dana yang telah disetorkan oleh para Jemaah umrah. 2) Kondisi psikologis yang dialami oleh calon Jemaah umrah yang gagal berangkat ialah mereka mengamai stress. Stress yang dihadapi oleh subjek berbeda-beda. Mulai dari merasa gelisah, sering sakit kepala, mudah lupa, emosi tidak stabil, dan sering merasa bersalah. 3) Peran bimbingan kosneling sufistik mampu menurunkan tingkat stress yang dialami oleh Jemaah umrah yang gagal berangkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Konseling; Sufistik; Stres;Umrah
Subjects: Applied Psychology > Industrial Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Dede Maesaroh
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:55
Last Modified: 12 Feb 2020 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item View Item