Pesan dakwah dalam iklan : Analisis isi pada iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018

Ginanjar, Aji (2019) Pesan dakwah dalam iklan : Analisis isi pada iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Media penyiaran merupakan sarana untuk memperoleh informasi, edukasi, dan hiburan. Tetapi pada faktanya banyak media yang tidak memperhatikan aturan yang ada, sehingga perlu adanya upaya literasi media kepada masyarakat. Sebagai upaya untuk menjaga dan mencegah terjadinya upaya kesalah pahaman dalam mencerna berbagai macam tayangan di media penyiaran. Salah satunya adalah dengan dibuatnya iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga penyiaran tetap sehat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pesan dakwah akidah, syari’ah, dan akhlak yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat khususnya tahun 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pesan dakwah Al-Bayanuniy yaitu, akidah, Syariah dan akhlak. Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Menentukan objek penelitian yaitu tiga konten iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018; 2) Menentukan metode penelitian yaitu memakai pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi untuk mengungkap isi melalui data dokumentasi; 3) Menentukan jenis dan sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari konten iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat dan sumber sekunder yaitu sebagai sumber pendukung; 4) Menentukan tehnik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan dokumentasi; 5) Menganalisis data yang sudah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam tiga konten iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018 yaitu; 2 Pesan dakwah akidah tentang iman kepada Allah, sedangkan pesan dakwah yang terdapat dalam konten iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018 kategori Syariah tentang Ibadah terdapat 2 pesan dan pesan dakwah kategori akhlak yang terdapat pada konten iklan layanan masyarakat KPID Jawa Barat tahun 2018 terdapat 5 pesan dakwah, yang masing 3 pesan dakwah kategori akhlak terpuji dan 2 pesan dakwah kategori akhlak tercela. Pesan dakwah tentang akidah, syariah dan akhlak pada konten tersebut berkontribusi dalam memberikan pemahaman dalam bermedia. Sehingga masyarakat bisa menilai mana tayangan-tayangan yang layak ditonton dan yang tidak layak untuk ditonton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Iklan Layanan Masyarakat; KPID Jawa Barat
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Telegraph
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aji Aji Ginanjar
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:45
Last Modified: 13 Feb 2020 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item