Penerapan Pendekatan RME Berbasis Soft Skills untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 17 Bandung)

Rosi Rosidah, Rosi (1211205064) (2015) Penerapan Pendekatan RME Berbasis Soft Skills untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 17 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dikelas VIII SMPN 17 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Aktivitas guru dan siswa dalam pendekatan RME berbasis Soft Skills. (b) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan RME berbasis Soft Skills dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. (d) Sikap siswa setelah mendapatkan pendekatan RME berbasis Soft Skills. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal komunikasi matematis dan instrumen nontes yaitu lembar aktivitas guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan RME berbasis Soft Skills dan pembelajaran konvensional. (d) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME berbasis Soft Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Soft Skills, komunikasi matematis
Subjects: Secondary Education > Upper Level Secondary School
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:45
Last Modified: 16 Mar 2017 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item