Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi pencemaran lingkungan

Syamsiah, Nur (2019) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan komunikasi, namun kenyataan dilapangan menunjukan bahwa keterampilan komunikasi siswa masih rendah. Agar permasalahan tersebut dapat diatasi, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan desain One Group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Sampel terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa dengan pembelajaran menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terlaksana dengan baik, dengan nilai rata-rata keterlaksanaan untuk guru 90.5% dan keterlaksanaan siswa 86%. Keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata hasil pretest dan postest yang memiliki nilai rata-rata 0,55 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan (paired) menunjukan bahwa nilai yang dihasilkan dari t-hitung dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh thitung > ttabel (17.66 > 1,99) artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini Menunjukan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Sementara respon siswa dengan menggunakan model Pembelajaran CORE memperoleh nilai rata-rata 3,21 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CORE; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Komunikasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Syamsiah
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:49
Last Modified: 12 Feb 2020 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29435

Actions (login required)

View Item View Item