Penerapan pendekatan Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan manusia: Penelitian Pre-eksperimen pada Kelas VIII SMPN 1 Cimanggung Kabupaten Sumedang

Kartina, Dini Siti (2019) Penerapan pendekatan Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan manusia: Penelitian Pre-eksperimen pada Kelas VIII SMPN 1 Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
dinis bab 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
dinis bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
dinis bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
dinis bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
dinis bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dinis dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Cimanggung diperoleh bahwa pembelajaran yang digunakan belum memenuhi KKM yaitu 75, salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan strategi pembelajaran Inquiry Lab yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian ini yaitu Pre-eksperimen, penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 dari Agustus hingga September 2019, sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas VIII G dan H yang berjumlah 60 siswa, sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dan tes keterampilan proses sains dengan menggunakan lima indikator yaitu mengamati, mengelompokan, berhipotesis, menggunakan alat dan bahan, melakukan eksperimen. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode Inquiry Lab terlaksana dengan sangat baik, keterampilan Proses Sains kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,77, hasil uji-t menunjukkan bahwa metode Inquiry Lab berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model Inquiry Lab dengan t hitung 5,64 dan t tabel 2,01, hasil peningkatan dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa, kondisi siswa, faktor eksternal maupun faktor internal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inquiry lab layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: inquiry lab; keterampilan proses sains; sistem pencernaan
Subjects: Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dini Siti Kartini
Date Deposited: 07 Feb 2020 06:37
Last Modified: 07 Feb 2020 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29320

Actions (login required)

View Item View Item