Tafsir ilmi tentang bintang dalam Alquran: Studi komparatif Tafsir Al-Jawahir karya Thanthawi Jauhari dan Tafsir Ilmi karya tim lajnah pentashihan Mushaf Alquran

Fadillah, Astrida Nurul (2019) Tafsir ilmi tentang bintang dalam Alquran: Studi komparatif Tafsir Al-Jawahir karya Thanthawi Jauhari dan Tafsir Ilmi karya tim lajnah pentashihan Mushaf Alquran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Banyak manusia yangpercaya bahwa bintang dapat memberi pengaruh pada sifat, karakter, dan keberutungan seseorang yang dilahirkan pada waktu siklus tertentu. Namun sebenarnya, Allah memiliki maksud dan tujuan tertentu dalam menciptakan bintang yang dapat memberi banyak manfaat untuk manusia. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam bagaimana Thanthawi Jauhari dan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran menafsirkan ayat-ayat tentang bintang, juga mengetahui persamaan dan perbedaan penafsiran Thanthawi Jauhari dan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkanpenafsiran bintang dalam Tafsir al-Jawahir dan Tafsir Ilmi Lajnah Pentashihan Mushaf Quran, mencakup tentang pengertian bintang, jenis-jenis bintang, fungsi bintang juga mengetahui persamaan dan perbedaan penafsiran Thanthawi Jauhari dan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf al-Quran. Penelitian ini menggunakan beberapa teori tentang bintang dari beberapa pengertian menurut ilmu astronomi yang digunakan sebagai alat analisa ayat-ayat tentang bintang. Sedangkan pada analisa menggunakan metode komparatif dengan membandingkan penafsiran Thanthawi Jauhari dan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. Dalam menyusun skripsi ini penulis menggunakan metode descriptive analysis dan metode komparatif. Adapun dalam pengumpulan data penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu menelaah berbagai buku-buku yang terkait dengan pembahasan yang akan dikaji. Hasil penelitian ini, ditemukan penafsiran Thanthawi Jauhari dan Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran tentang bintang terdapat di delapan ayat yaitu: QS. Ash-Shaffat (37): 6, QS. Al-Mulk (67): 5, QS. Al-Anam (6): 97, QS. Al Hijr (15) : 16,17,18, QS. An-Najm (53): 49, dan QS. An-Nahl (16): 16. Penafsiran bintang menurut Thanthawi Jauhari yaitu, bintang digambarkan sebagai hiasan di langit yang dapat memberikan keindahan dengan cahayanya, bentuk dan tempatnya. Sedangkan penafsiran bintang menurut Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, bintang adalah benda langit yang menghasilkan cahayanya sendiri dan tersebar di seluruh angkasa. Pada malam yang gelap, langit akan menjadi indah karena bintang terlihat berkelap-kelip. Adapun maksud dan tujuan Allah menciptakan bintang adalah untuk menjadi hiasan di langit malam bagi siapapun yang memandangnya, bintang sebagai petunjuk arah, dan alat pelempar setan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bintang; Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran; Thanthawi Jauhari; Al-Jawahir; Tafsir Ilmi;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Earth, Astronomical Geography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Astrida Nurul Fadillah
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:34
Last Modified: 02 Mar 2020 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29267

Actions (login required)

View Item View Item