Pengaruh padat tebar ikan lele (Clarias gariepinus) dan media tanam terhadap pertumbuhan pakcoy (Brassica rapa var nauli) dengan sistem akuaponik

Nurfaizah, Raicitra (2019) Pengaruh padat tebar ikan lele (Clarias gariepinus) dan media tanam terhadap pertumbuhan pakcoy (Brassica rapa var nauli) dengan sistem akuaponik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Pakcoy (Brassica rapa) merupakan tanaman yang membutuhkan unsur N yang tinggi. Pemberian perlakuan padat tebar ikan dan jenis media tanam yang tepat dengan menggunakan sistem akuaponik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil produksi tanaman pakcoy dan mendukung pertumbuhan ikan lele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara padat tebar ikan dan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil pakcoy pada sistem akuaponik dan untuk mengetahui padat tebar ikan dan jenis media tanam yang terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang, dari bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2019. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Dua Faktorial yaitu faktor pertama padat tebar (100 ekor, 125 ekor dan 150 ekor) dan faktor kedua media tanam yaitu (zeolit, cocopeat dan arang sekam) masing-masing faktor diulang sebanyak lima kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara padat tebar dan media tanam terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, bobot kering tanaman dan bobot basah tanaman, selain itu terdapat pengaruh mandiri oleh padat tebar terhadap parameter nisbah pupus akar, dan terdapat pengaruh mandiri oleh padat tebar dan media tanam terhadap parameter luas daun. Padat tebar ikan menunjukkan hasil peningkatan produtivitas yakni pada perlakuan 125 ekor sedangkan pada jenis media tanam yang digunakan media yang meningkatkan produktivitas yakni pada penggunaan media zeolit dibandingkan media tanam yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akuaponik; Lele; Media Tanam; Pakcoy
Subjects: Plants, Botany
Plants, Botany > Research of Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Raicitra Nurfaizah Citra
Date Deposited: 15 Apr 2020 09:40
Last Modified: 15 Apr 2020 09:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item