Budaya komunikasi mubalig organisasi masyarakat islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Persatuan Islam (PERSIS) di Kota Bandung

Mughni, Asep (2019) Budaya komunikasi mubalig organisasi masyarakat islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Persatuan Islam (PERSIS) di Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER_compressed.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK_compressed.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI_compressed.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I_compressed.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah kajian yang mengungkap budaya komunikasi mubaligh NU dan Persis dengan mengikuti definisi tentang budaya komunikasi itu sendiri, yakni suatu kegiatan atau tindakan dari sikap yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi suatu budaya yang di dalamnya terkandung unsur komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa da‟I ormas Islam Persis dan performa Ormas Islam Da‟I NU Kota Bandung dan pengemasan pesan Da'i Ormas Islam Persis dan pengemasan pesan Da'i Ormas Islam NU Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang budaya komunikasi, namun lebih difokuskan kepada teori performa dan pengemasan pesan. Kedua teori tersebut berguna sebagai pisau analisis untuk membedah penelitian ini guna mengungkapkan budaya komunikasi pada masing-masing mubaligh NU dan Persis. Penelitian ini menggunakan paradigma Interpretif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah pada performan da‟i NU terdapat adanya simbol, identitas, sebutan, atribut seperti memakai kopyah, sorban, penyebutan “Kyai”, sedangkan di Persis sebaliknya bahwa pakaian polos, sebutan “ustadz”. Pada pengemasa pesan terlihat pada aspek pembukaan, penutup, serta dalil dalam berceramah. Jika di NU diawali tawasul, ada do‟a khusus, dalil merujuk pada qaul Ulama sedangkan pada Persis saat berceramah tidak diawali tawasul, setelah pembukaan langsung pada inti. Intinya mubaligh masing-masing ormas NU dan Persis memiliki corak yang beragam dalam berceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: budaya komunikasi; dakwah Nahdlatu Ulama; Dakwah Persatuan Islam;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asep Mughni
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:28
Last Modified: 03 Feb 2020 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29186

Actions (login required)

View Item View Item