Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Konsep Sifat Koligatif Larutan (Penelitian Deskriptif terhadap Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Siti Nur Azizah, Siti (1210208087) (2014) Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Konsep Sifat Koligatif Larutan (Penelitian Deskriptif terhadap Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Konsep sifat koligatif larutan pada mata kuliah kimia dasar 2 memiliki Standar Kompetensi yaitu mahasiswa memahami dan memiliki kemampuan menerapkan konsep – konsep dasar kimia serta memiliki sikap ilmiah dalam memecahkan kimia dalam kehidupan sehari-hari. sedangkan Kompetensi dasar mengidentifikasi larutan elektrolit dan non elektrolit serta sifat koligatif larutan. Berdasarkan analisis konsep, sifat koligatif larutan ini mengeksplorasi ke empat dimensi pengetahuan yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif yang tertuang dalam taksonomi Bloom revisi. Mahasiswa calon guru kimia seharusnya mempunyai kemampuan kognitif yang seimbang dalam dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Kemampuan tersebut dirasa perlu karena mahasiswa calon guru kimia nantinya diharapkan akan menjadi guru yang berkualitas. Salah satu cara untuk menganalisis kemampuan tersebut dengan cara memberikan sebuah tes yang dapat mengukur kemampuan setiap jenjang mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian kemampuan mahasiswa pada dimensi pengetahuan konseptual sebagian besar berada dalam kategori mampu yaitu 59,5 %, sedangkan kemampuan mahasiswa pada dimensi pengetahuan prosedural dalam kategori mampu sebanyak 39% dan kemampuan mahasiswa pada dimensi pengetahuan metakognitif pada kategori mampu sebanyak 28%. Kriteria soal yang digunakan untuk mengukur pengetahuan konseptual lebih dominan menggali pengetahuan tentang prinsip, pengetahuan prosedural lebih menggali tentang prosedur, dan metakognitif lebih menekankan kepada strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Taksonomi Bloom revisi, Dimensi Pengetahuan, Dimensi Proses Kognitif, Sifat Koligatif Larutan.
Subjects: Higher Education, Universities
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Natural History of Organism > Classification of Organism
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:55
Last Modified: 14 Feb 2017 10:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item