Pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiental Learning (OEL) terhadap berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 54 ‎Bandung

Saripah, Sasna (2019) Pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiental Learning (OEL) terhadap berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 54 ‎Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di sekolah tidak dapat lepas dari peran guru sebagai fasilitator ‎dalam penyampaian materi. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, kegiatan ‎pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru dan didominasi oleh ceramah ‎atau menggunakan power point serta masih menekankan pada aspek konsep dan ‎hafalan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan ‎menggunakan model pembelajaran Outdoor Experiental Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh ‎model pembelajaran Outdoor Experiental Learning terhadap keterampilan berpikir ‎kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.‎ Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen ‎dengan desain Non-equavalent Pretest-Desain Grup Control Posttest. Sampel ‎penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 54 Bandung yakni kelas VII A ‎sebanyak 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 30 sebagai kelas ‎kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. ‎Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket.‎ Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan ‎model Outdoor Experiental Learning memperoleh rata-rata sebesar 87% untuk ‎guru dan 84,44% dengan kategori sangat baik. kemampuan berpikir kritis siswa ‎memperoleh nilai rata-rata pretest 42,50, posttest 80,73 dan N-Gain 0,48 untuk dan ‎kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 45,17, posttest 72,17 dan N-Gain ‎‎0,48. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model ‎pembelajaran Outdoor Experiental Learning memiliki nilai rata-rata 3,35 dengan ‎kategori tinggi.‎ Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh ‎yang posotif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Outdoor ‎Experiental Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ‎pencemaran lingkungan dengan thitung 4,11>ttabel 2.‎

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Outdoor Experiental Learning; Keterampilan Berpikir ‎Kritis; Pencemaran Lingkungan;
Subjects: Education
Natural Science
Education, Research
Nonferrous Metals Process
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sasna Siti Sarifah
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:28
Last Modified: 30 Jan 2020 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29122

Actions (login required)

View Item View Item