Tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da subuh hubungannya dengan motivasi mereka dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid: Penelitian di Masjid Jami Nurul Huda Cirabak RT 005 RW 002 Dusun Cibingbin Rajadesa Ciamis

Nurhayati, Syipa (2017) Tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da subuh hubungannya dengan motivasi mereka dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid: Penelitian di Masjid Jami Nurul Huda Cirabak RT 005 RW 002 Dusun Cibingbin Rajadesa Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan di Masjid Jami Nurul Huda Cirabak RT 005 RW 002 Dusun Cibingbin Rajadesa Ciamis, diperoleh informasi bahwa kultum ba’da Subuh telah berlangsung sejak tahun 1994 dan dilakukan setiap hari yang menjadi fenomena berbeda dengan tempat lain. Maka semestinya, motivasi masyarakat dalam melaksasanaan shalat berjamah di masjid harus lebih baik. Namun pada kenyataanya, motivasi masyarakat dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da Subuh 2) motivasi masyarakat dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid 3) tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da Subuh hubungannya dengan motivasi mereka dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan, meskipun tanggapan bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan motivasi. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, bahwa terdapat hubungan antara tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da Subuh dengan motivasi mereka dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Masjid Jami Nurul Huda Cirabak RT 005 RW 002 Dusun Cibingbin Rajadesa Ciamis, dengan sampel sebanyak 32 orang. Alat pengumpulan datanya dilakukan melalui angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis statistik yakni analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, ditunjukkan bahwa realitas tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da Subuh termasuk kategori sangat positif, hal ini berdasarkan nilai rata-rata = 4,33 nilai tersebut berada pada interval 4,20 – 5,00. Realitas motivasi masyarakat dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid termasuk kategori tinggi hal ini berdasarkan nilai rata-rata =3,90 nilai tersebut berada pada interval 3,40 - 4,19. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,59. Angka tersebut kategori sedang karena berada pada rentang interval 0,40 – 0,599. Adapun hasil uji hipotesis diketahui thitung = 3,99 > ttabel = 2,04227 sehingga Ha diterima. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan masyarakat terhadap kultum ba’da Subuh dengan motivasi mereka dalam mengikuti shalat berjamaah di masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kultum; salat shubuh; salat berjamaah;
Subjects: Islam > Salat
Islam > Other Practices
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:53
Last Modified: 29 Jan 2020 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item