Pengaruh konsentrasi urin sapi terfermentasi dan jenis POC gulma terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum) varietas tymoti F1

Deriska, Yoga (2017) Pengaruh konsentrasi urin sapi terfermentasi dan jenis POC gulma terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum) varietas tymoti F1. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Urin sapi dan gulma paitan, eceng gondok, kirinyuh dapat dijadikan sebagai sumber pupuk organik cair karena mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman khususnya unsur N, P, dan K sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari interaksi antara konsentrasi urin sapi dan jenis POC gulma terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum). Penelitian dilaksanakan pada bulan juliseptember di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (UNPAD) Ciparanje, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 2 faktor, faktor pertama adalah konsentrasi urin sapi (u) yang terdiri dari 3 taraf yaitu u1 = konsentrasi urin sapi 50 ml dan faktor kedua jenis POC Gulma (g) yang terdiri dari 7 taraf yaitu g1 = jenis POC gulma paitan, g2 = jenis POC gulma kirinyuh, g3 = jenis POC gulma eceng gondok, g4 = jenis POC gulma paitan+kirinyuh, g5 = jenis POC gulma paitan+eceng gondok, g6 = jenis POC gulma kirinyuh+eceng gondok, g7 = jenis POC gulma paitan+kirinyuh+eceng gondok sehingga diperoleh 21 kombinasi taraf perlakuan dan dilakukan ulangan sebanyak 3 kali. Perlakuan konsentrasi urin sapi u2 (100 ml)-1, u2 = kosentrasi urin sapi 100 ml-1, dan u3 = kosentrasi urin sapi 150 ml-1 memberikan pengaruh terhadap nisbah pupus akar berinteraksi dengan jenis POC gulma g2 (kirinyuh) dengan nilai 8,84 g, tetapi tidak memberikan pengaruh pada parameter tinggi tanaman, LTR, luas daun, dan bobot buah pertanaman. Perlakuan konsentrasi urin sapi u3 u3 (150 ml)-1 merupakan taraf perlakuan yang memberikan pengaruh terbaik terhadap total bobot buah pertanaman tomat dengan nilai 1018,14 g dan berpengaruh terhadap nisbah pupus akar berinteraksi dengan jenis POC gulma g7 (paitan-kirinyuh+eceng gondok) dengan nilai 10,78 g tetapi tidak berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman, LTR, dan luas daun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Eceng gondok; Kirinyuh; Konsentrasi Urin Sapi; Paitan; POC; Tomat;
Subjects: Specific Techniques of Agriculture > Plant Propagation
Specific Techniques of Agriculture > Special Methods of Cultivitation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:25
Last Modified: 28 Jan 2020 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item View Item