Pengaruh pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja langsung Kota Bandung periode 2011-2015: studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung

Wilayani, Novi (2017) Pengaruh pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja langsung Kota Bandung periode 2011-2015: studi kasus pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Dalam rangka melaksanakan otonomi daerah sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dari Sentralistik menjadi esentralistik dalam wujud otonomi yang luas, nyata, dan pertanggungjawab yaitu Daerah diberi kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri. Untuk menyelenggarakan otonomi daerah yang yang luas, nyata, dan bertanggung jawab diperlukan kewenangan dan kemampuan menggali sumber-sumber keuangan sendiri, diantaranya yang menjadi sumber utama bagi daerah adalah Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah merupakan pendapatan daerah yang sumber pendapatannya berasal dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang sah, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Sumber-sumber pendapatan yang dimaksud kemudian akan digunakan untuk Belanja Daerah khususnya Belanja Langsung untuk pembangunan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendapatan Asli Daerah dan belanja langsung Kota Bandung pada tahun 2011-2015 serta untuk mengetahui besarnya pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap pengalokasian anggaran Belanja Langsung di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Populasi dan sampel penelitian adalah Laporan Realisasi APBD Kota Bandung Periode Tahun 2011-2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Pengujian statistik menggunakan analisis regresi sederhana dimana untuk menentukan seberapa besar pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Langsung menggunakan uji-t dengan tingkat signifikansi α = 0,05 dengan progam SPSS 23.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung (3,507) > ttabel (3,182) dengan taraf signifikansi 0,039 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja langsung di Kota Bandung. Adapun berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dan koefisien korelasi bahwa pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Langsung sebesar 80,4% dengan tingkat korelasi sebesar 0,897 yang artinya termasuk kedalam kategori hubungan yang sangat kuat. Sedangkan sisanya sebesar 19,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan asli daerah (PAD); belanja daerah; belanja langsung
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:02
Last Modified: 24 Jan 2020 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28996

Actions (login required)

View Item View Item