Perubahan sosial di masyarakat Ciparay: studi tentang pembangunan perumahan Permata Regency terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Perdani, Aafiyah Nurintan (2017) Perubahan sosial di masyarakat Ciparay: studi tentang pembangunan perumahan Permata Regency terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Pembangunan perumahan Permata Regency Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung awalnya merupakan lahan pertanian dan perkebunan yang sekarang dibangun menjadi perumahan Permata Regency yang mayoritas penduduknya dihuni oleh para pendatang baru dimana secara signifikan mengalami perubahan secara drastis. Beralihnya fungsi lahan pertanian menjadi perumahan Permata regency membuat para masyarakat yang dulunya bermata pencaharian sebagai petani beralih profesi menjadi wiraswasta, karyawan swasta, pegawai negeri maupun pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pembangunan perumahan yaitu membantu masyarakat kelas menengah bawah agar terbebas dari PPn (Pajak Pertambahan Negara) dan para pengembang membantu percepatan tugas pemerintah dalam penyediaan perumahan bagi masyarakat dan keterjangkauan dalam daya beli. Disamping itu dengan adanya pembangunan perumahan Permata Regency perekonomian masyarakat menjadi meningkat dan hubungan sosial dengan masyarakat lainnya semakin harmonis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perubahan Sosial Herbert Spencer dimana masyarakat merupakan sebuah organisme yang hidup dengan kata lain terdapat kesamaan antara masyarakat dan organisme biologi dan terdapat alasan untuk memperlakukan masyarakat sebagai sebuah organisme karena masyarakat mengalami pertumbuhan secara terus-menerus dan menyebabkan perbanyakan dan penyatuan kelompok juga meningkatkan kepadatan penduduk juga pola pikir, perilaku sosial ekonomi, dan perubahan interaksi masyarakat semakin besar dengan perbedaan yang mencerminkan luas dan mendalamnya suatu perubahan sosial. Metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan yaitu aparat pemerintah dan juga tokoh masyarakat. Adapun Data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen dan foto-foto hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial; sosial ekonomi; masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:25
Last Modified: 22 Jan 2020 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28947

Actions (login required)

View Item View Item