Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Pokok Bahasan Ilmu Tajwid melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas IV MIS Seroja Pagelaran Cianjur)

Meti Rusmawanti, Meti (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Pokok Bahasan Ilmu Tajwid melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas IV MIS Seroja Pagelaran Cianjur). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan tentang bagaimana mengaktifkan siswa agar secara sukarela tumbuh kesadaran mau dan senang belajar supaya meningkatkan hasil belajar yang optimal, guru harus mempunyai strategi yang baik supaya pendidikan dan pengajaran yang disampaikan memperoleh respon positif, menarik perhatian, dapat dikembangkan dan terimplementasi dalam sikap yang positif pula. Untuk mencapainya, seorang guru harus dapat memilih metode pengajaran tepat dan tidak monoton hanya terfokus pada materi saja Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis pokok bahasan Ilmu Tajwid sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, mengetahui proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw untuk setiap siklus. Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar sisiwa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis salah satunya dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sehingga siswa diharapkan mampu memecahkan masalahnya sendiri, dapat melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Untuk membuktikan hipotesis tindakan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur tingkat kemampuan siswa, lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa disetiap siklus. Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis pokok bahasan ilmu tajwid sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV MIS Seroja Pagelaran masih di bawah nilai kkm, diperoleh rata-rata siswa 67,9. 2) Proses pembelajaran Mata Pelajaran Alquran Hadis dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw merupakan salah satu indikator yang merupakan motivasi siswa untuk belajar meningkat dan proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut bisa dilihat dari aspek yang diamati terdiri dari konsentrasi ketika mengikuti pembelajaran, dan dapat menjawab pertanyaan diakhir pembelajaran. 3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada akhir siklus adalah 77, 3 dengan kriteria penilain baik. Dan rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada tes akhir adalah 80,4. Dengan demikian hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: al-qur'an hadits,ilmu tajwid,pendidikan,madrasah ibtidaiyah.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 06:04
Last Modified: 27 Mar 2017 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item