Peran adat tarawangsa terhadap perubahan sosial masyarakat: Penelitian tentang kesejahteraan masyarakat Kampung Pasirbiru Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang

Muhib, Ahmad Sobur (2019) Peran adat tarawangsa terhadap perubahan sosial masyarakat: Penelitian tentang kesejahteraan masyarakat Kampung Pasirbiru Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Senantiasa mengalami banyak perubahan, itulah yang terjadi pada sebuah adat tarwangsa yang berada di Kampung Pasirbiru yang mengalami perubahan. Karena perubahan ini akhirnya berdampak pada perunahan yang lainnya salah satunya adalah perekonomian masyarakat setempat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran adat tarawangsa bagi masyarakat desa Pasirbiru, perubahan sosial ekonomi yang terjadi dengan adanya adat tarawangsa, faktor-faktor pendorong dan penghambat terjadinya perubahan sosial ekonomi di Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada sebuah teori yang dicetuskan oleh Talcott Parsons tentang structural fungsional yang membahas mengenai sistem yang berkembang dalam masyarakat dan mempunyai empat fungsi yang dibutuhkan oleh sistem sosial, yaitu: Adaptation (adaptasi), Goal Attaniment (Pencapaian Tujuan), Integrasi (Integrasi), dan Latency (Pemeliharan Pola). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian deskriftip dengan pendekatan kualitatif. Metode ini dipandang tepat untuk menganalisis fenomena sosial yang terjadi. Metode penelitian kualitatif adalah cara yang digunakan untuk meneliti langsung pada subjek yang mengalaminya, dimana peneliti sebagai instrument kunci yang ikut terlibat langsung. Data yang dihasilkan merupakan data deskriptif, dan data tersebut diambil dengan teknik pengumpulan data melalui pbservasi, wawancara mendalam, dan telaah dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan penggalian informasi dari narasumber terjadi hubungan antara adat tarawangsa dengan perubahan sosial ekonomi masyarakat. Dengan adanya adat tarwangsa di Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong membawa perubahan sosial ekonomi terhadapa masyarakat Desa Pasirbiru. Perkembangan ekonomi atau dengan nama lain peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakatan yang ditumbuhkan dengan adanya adat tarawangsa memberikan perubahan di bidang perekonomian. Perubahan sosial ekonomi yang terjadi di desa Pasirbiru adalah peningkatan taraf hidup yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Perubahan sosial; Struktur fungsional;
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ahmad sobur muhib
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:51
Last Modified: 22 Jan 2020 02:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28939

Actions (login required)

View Item View Item