Fungsi lembaga pendidikan pondok pesantren dalam toleransi umat beragama di masyarakat kota

Muzakiyah, Putri Anisatul (2017) Fungsi lembaga pendidikan pondok pesantren dalam toleransi umat beragama di masyarakat kota. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masyarakat Yang berbeda beda dalam beragama (ormas) baik lingkungan Masyarakat yang berada di sekitar Pondok Pesantren dan Masyarakat yang bermukim di Pondok pesantren. walaupun Tinggal dilingkungan Yang sama namun Sikap Toleran terhadap Masyarakat lainya cukup baik, karena Sikap Toleransi sangat penting bagi suatu Masyarakat. dimana didalamnya adalah Bagian dari proses Menumbuhkan Toleransi dalam beragama sehingga pondok pesantren diharapkan dapat menunjang terciptanya kerukunan antar umat dalam beragama maka dari itu fungsi Pondok pesantren menjadi hal penting utuk dikaji. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pondok Pesantren dalam menumbuhkan Toleransi dalam Beragama di Masyarakat kota, serta proses yang dilakukan Pondok Pesantren dalam menumbuhkan Toleransi dan faktor atau kendala yang dihadapi pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami dalam menumbuhkan toleransi umat dalam beragama. Landasan penelitian ini bersumber dari Roberk K. Merton.disini dia mengembangkan analisanya tentang teori fungsionalisme struktural dengan beberapa pokok pikiran baru yakni mengenai disfungsi, fungsi yang tampak (manifest function) adalah dimana peraturan-peraturan atau fungsi yang tertulis dari Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami, dan fungsi yang tak tampak (latent function) adalah ketika terjadi suatu fungsi yang tidak dikehendaki terjadi seperti Hubungan Masyarakat yang kurang baik dan santri nya yang kurang bisa bersikap Toleran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan Observasi, studi kepustakaan dengan Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian menunjukan Bahwa dalam menciptakan Kehidupan Keberagaaman yang harmonis dalam Masyarakat Kota Cipadung mereka mampu Mengakui Hak Orang lain dan menghormati Keyakinan orang Lain. Dan dalam hal ini Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami dalam mengatasi berbagai konflik yang ada di dalam masyarakat, dilakukan beberapa tindakan, Resolusi Konflik yaitu:, tindakan normative. Dalam menumbuhkan Toleransi beragama di kelurahan Cipadung rt03 rw08 di dalamya ada Fungsi pondok pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami dalam menumbuhkan toleransi terdiri menjadi dua Fungsi Manifest (Nyata) terdiri dari fungsi PPMU sebagai agen of social control dan Fungsi Laten (tersembunyi ) proses yang dilakukan Pondok Pesantren dalam menumbuhkan Toleransi Beragama di dalamya menyangkut metode pembelajaran yang didalam nya mengandung nilai-nilai dan Norma, Menumbuh-kembangkan sikap dasar yang mutlak perlu dalam menumbuhkan toleransi dalam beragama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembaga pendidikan; pesantren; toleransi;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:55
Last Modified: 21 Jan 2020 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item