Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok kalor: Penelitian pre eksperimental di kelas VII SMPN 1 Parigi Pangandaran

Kiswana, Eris (2013) Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok kalor: Penelitian pre eksperimental di kelas VII SMPN 1 Parigi Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran ARIAS dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model ARIAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan dikelas VII SMP Negeri 1 Parigi. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas VII-C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal keterampilan berpikir kritis dan juga lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran ARIAS. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dan siswa menggunakan model pembelajaran ARIAS dapat terlaksana dengan rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 87,00%. Kemudian terdapat peningkatan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah diterapkannya model ini ditunjukan oleh indeks normal gain sebesar 0,62. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARIAS; Keterampilan Berpikir Kritis; Kalor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:16
Last Modified: 15 Jul 2019 08:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item