Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembinaan akhlak siswa Madrasah Al-Irsyad lil Banat Jala di Daerah Konflik: Penelitian di Madrasah Al- Irsyad lil Banat Provinsi Yala Thailand Selatan

Baha, Miss Husna (2019) Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembinaan akhlak siswa Madrasah Al-Irsyad lil Banat Jala di Daerah Konflik: Penelitian di Madrasah Al- Irsyad lil Banat Provinsi Yala Thailand Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari berbagai fenomena yang muncul di lingkungan Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala, yakni daerah Patani yang menjadi konflik dalam dunia pendidikan khususnya, namun terus diupayakan dengan sentiasa menjadikan perbaikan akhlak sebagai orientasi utama pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pelaksaan pendidikan agama Islam di Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala , 2) Untuk mengetahui akhlak siswa di Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembinaan akhlak siswa di Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala. Penelitian ini dilandasi oleh teori bahwa perilaku seseorang dalam melakukan sesuatu dipengaruhi oleh pendidikan keagamaan didalam madrasah. Oleh karena itu, dengan membatasi diri pada kenyataan yang melibatkan siswa Madrasah Al-Irsyad lil banat di daerah konflik Patani Selatan Thailand. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan observasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan pendekatan logika untuk data kuatitatif serta pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menggunakan teknik product moment hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala.Indikasi ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan korelasi product moment didapat koefisien korelasi atau nilai r hitungnya sebesar 5% 0,255. Jika nilai r itung dibandingkan dengan nilai r tabel yang didapat sebesar 5% 0,254 dapat ditarik kesimpulan bahwa r hitung > r tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak siswa Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala di daerah konflik Patani Selatan Thailand. Dari hasil uji determinasi juga mengetahui seberapa besar hubungan antara variabel X dan Y diketahui bahwa pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa Madrasah Al-Irsyad lil banat Jala memberi pengaruh sebesar 6,50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Akhlak; Siswa;
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husna Baha
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:07
Last Modified: 28 Jan 2020 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28855

Actions (login required)

View Item View Item