Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi (Penelitian Pre-experiment Design di Kelas XI SMA Nugraha Bandung)

Jenab Purnama Sari, Jenab (1210206049) (2014) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi (Penelitian Pre-experiment Design di Kelas XI SMA Nugraha Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Model pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran Biologi berupa metode konvensional yang berpusat pada keaktifan seorang guru dalam proses pembelajaran dikelas. Sementara itu, siswa hanya pasif dalam menerima pengetahuan yang diberikan oleh guru, sehingga ketika dilakukan test hasil belajar, hasilnya kurang memuaskan. Model pembelajaran yang ditawarkan untuk mengatasi hal diatas adalah model Problem Based Learning(PBL). PBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah sehingga siswa tidak hanya menerima pengetahuan dari guru saja tetapi juga aktif mencari pengetahuan tambahan lain baik dari buku di perpustakaan maupun dari internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok system reproduksi manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variable luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variable dependen. Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya variable kontrol, dan sampel tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Nugraha Bandung, yang berjumlah 25 siswa yang hanya terdiri dari satu kelas dan akan dijadikan sampel penelitian teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunka nlembar observasi sebagai data penunjang dan tes sebagai data primer. Pengolahan data dilakukan dengan analisis komparatif dengan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan akivitas guru yang diperoleh dari lembar observasi rata-rata mencapai 90% sedangkan untuk keterlaksanaan aktivitas siswa ata-rata mencapai 85%. Untuk hasil belajar kognitif siswa dari hasil posttest yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 70.8%. Berdasarkan hasil ujiZ Zhitung = 3,36 dan Ztabel = 1,65 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem reproduksi dapat membantu siswa memahami materi dengan baik sehingga membantu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem reproduksi, penerapan model problem based learning, pendidikan,biologi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Biology
Human Physiology > Reproduction Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 03:06
Last Modified: 27 Mar 2017 05:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item