Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits dengan Menggunakan Pembelajaran Metode Drill (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang 2013/2014)

Didi Rasyidi, Didi (1122020123) (2014) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits dengan Menggunakan Pembelajaran Metode Drill (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang 2013/2014). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada domain kognitif saja hal ini diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang konfensional dan tidak fariatif. Maka dari itu penulis mencoba menggunakan metode pembelajara metade drill. Tujuan PTK ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode drill pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang, motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang pada mata pelajaran Qur’an Hadits melalui penerapan metode drill untuk tiap siklus, dan penerapan metode drill pada akhir siklus. Berpijak pada masalah di atas metode drill dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dikembangkan dalam pembelajaran Qur’an Hadits untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dipilihnya metode ini didasarkan pada pertimbangan kesesuaian metode dengan karakteristik pembelajaranQur’an Hadits, tingkat psikologis siswa, situasi dan kondisi, serta lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan angket. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diterapkan teknik pembelajaran metode drill, setiap siklusnya mengalami kenaikan. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa 64,0 pada siklus I, menjadi 67,6 pada siklus II dan 77,8 pada siklus III. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran metode drill pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV SD Negeri Sindangasih Jatinunggal Sumedang dapat meningkatkan motivsi belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi,belajar siswa,al-qur'an dan hadits,pendidikan agama islam.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 02:58
Last Modified: 27 Mar 2017 04:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2876

Actions (login required)

View Item View Item