Faktor penyebab berlakunya penceraian di Mahkamah Rendah Syariah Kota Bharu Kelantan: Studi kasus di Mahkamah Syariah Kota Bharu tahun 2015-2018

Kamaruzaman, Muhamad Akram (2019) Faktor penyebab berlakunya penceraian di Mahkamah Rendah Syariah Kota Bharu Kelantan: Studi kasus di Mahkamah Syariah Kota Bharu tahun 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Perceraian ialah penghapusan perkawinan dengan putusan Hakim, atau tuntutan salah satu pihak dalam perkawinan itu. Ada beberapa alasan perceraian yang diatur di Mahkamah Syariah Kelantan, Enakmen 6 Tahun 2002 Enakmen Undang-Undang Keluarga Islam 2002 Bahagian V Pembubaran perkawinan. Hal ini menyebabkan terjadinya multitafsir, karena cakupannya terlalu luas, sehingga banyak hal dijadikan sebagai alasan perselisihan dan pertengkaran untuk bercerai. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemberlakuan dan mekanisme perceraian di Mahkamah Syariah Kota Bharu Kelantan? (2) Bagaimana faktor penyebab terjadinya perceraian di Mahkamah Syariah Kota Bharu Kelantan? (3) Bagaimana upaya hakim dalam menangani dan menyelesaikan perkara perceraian di Mahkamah Syariah Kota Bharu Kelantan? Dilihat dari jenisnya penelitian ini tergolong penelitian ini penulis Menggunakan metode Penelitian kepustakaan (library research) yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang bermaksud penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data-data dengan membaca dan menelaah kitab Undang-undang, buku-buku, kamus, jurnal-jurnal, majalah dan dari halaman web yang bersangkutan. Penentuan sumber data didasarkan atas jenis data yang telah ditentukan. Pada tahapan ini ditentukan sumber data primer dan data skunder, terutama penelitian yang bersifat normatif yang berdasarkan pada sumber dokumen atau bahan bacaan. yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian, penulis menemukan bahwa di Mahkamah Syariah Kelantan Malaysia, mengenai prosedur dan faktor perceraian. Selain itu juga, upaya Hakim dalam menangani dan menyelesaikan perkara perceraian yang mengikut Enakmen negeri masing-masing menghendaki perceraian dibuat di dalam Mahkamah, tidak kira dalam bentuk talaq, fasakh, khulu’, li’an dan sebagainya. Manakala faktor perceraian pula, menunjukkan tingginya tingkat perceraian yang terjadi di mahkamah syariah, disebabkan oleh antara lain yang menjadi faktor utama ialah; akibat ketidakharmonian, tidak ada tanggungjawab, dan masalah ekonomi yang berlaku di Mahkamah Syariah Kota Bharu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penceraian; Mahkamah Rendah Syariah Kota Bharu Kelantan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Muhamad Akram Kamaruzaman
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:22
Last Modified: 20 Jan 2020 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28752

Actions (login required)

View Item View Item