Pengaruh strategi pembelajaran sociocognitive conflict terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel

Safitri, Heni (2019) Pengaruh strategi pembelajaran sociocognitive conflict terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta keterampilan dalam penggunaan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu strategi pembelajaran Sociocognitive conflict. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi pembeljaran Sociocognitive conflict pada materi transpor membran sel. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMAN 13 Kota Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa masing-masing 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan data tes dengan data pendukung antara lain lembar observasi dan respon siswa diukur dengan menggunakan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Proses belajar mengajar dalam mempelajari materi transpor membran, terkadang hanya berpusat pada kemampuan siswa dalam menghapal berbagai macam proses tanpa memperhatikan keterampilan berpikir siswa tersebut. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk dapat mendesain proses pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan startegi pembelajaran Sociocognitive conflict diperoleh nilai rata-rata tes awal sebesar 44,73, tes akhir 78,26, N-gain sebesar 0,60. Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan strategi pembelajaran Sociocognitive conflict memperoleh rata-rata nilai awal sebesar 45,15, tes akhir 64,91 dan peroleh nilai rata-rata n-gain sebesar 0,35. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi pembelajaran Sociocognitive conflict terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sel; berpikir kritis; strategi pembelajaran;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: heni safitri
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:19
Last Modified: 15 Jan 2020 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item