Penerapan strategi active learning tipe peer lessons berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem hormon: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI MAN 1 Bandung

Destriana, Diska (2019) Penerapan strategi active learning tipe peer lessons berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem hormon: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas XI MAN 1 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuluan di MAN 1 Bandung diperoleh bahwa strategi pembelajaran yang digunakan belum memfalisitasi peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental design dengan model One Group Pretest Posttest, sampel penelitian ini diambil pada kelas XI MIA 1 dan MIA 2 yang berjumlah 63 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Peer Lessons berbasis ICT terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata keterlaksanaan guru untuk kelas XI MIA 1 93,75% dan XI MIA 2 91,6% . Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata hasil pretest dan posttest yang memiliki nilai rata-rata 0,67 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan (paired) menunjukan bahwa nilai yang dihasilkan dari t-hitung dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh , artinya H0 ditolak dan H1 dierima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Active Learning tipe Peer Lessons berbasis ICT berkontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi active learning tipe peer lessons; Information and Communication Technology (ICT);
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diska Rukanda
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:11
Last Modified: 15 Jan 2020 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28621

Actions (login required)

View Item View Item