Penafsiran Choer Affandi atas Q.S Al-Baqarah: Studi naskah atas tafsir Sunda Choer Affandi

Shifa, Husnatus (2019) Penafsiran Choer Affandi atas Q.S Al-Baqarah: Studi naskah atas tafsir Sunda Choer Affandi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sejarah perkembangan kajian tafsir di nusantara, banyak kajian lokal Alquran dengan publikasi terbatas, cenderung termarginalkan dan luput dari perhatian. Tafsir Sunda misalnya, data sementara sejumlah publikasi tafsir Sunda berjumlah lebih dari tiga puluh (30) karya kajian Alquran berbahasa Sunda, hampir setengahnya berupa tafsir Sunda. Itu pun ditulis dengan beragam aksara, metodologi, corak, dan kepentingan. Tetapi dari hasil inventaris masih banyak tafsir lokal yang belum terdokumentasikan, misalnya Tafsir Choer Affandi atas Q.S al-Baqarah. Tafsir ini merupakan manifestasi penafsiran Choer Affandi, yaitu ulama besar priangan timur yang memiliki ciri khas empat kalimah thayyibah dan mantan Bupati DI/TII untuk wilayah Tasikmalaya-Ciamis di lingkungan NII. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penafsiran Choer Affandi atas Q.S al-Baqarah sekaligus mempromosikan tafsir Choer Affandi atas Q.S al-Baqarah.Tafsir ini berawal dari buku catatan 700 santri pertama Choer Affanditerhadap penafsiran Choer Affandi atas tafsir Al-Jala@layn Q.S al�Baqarah, yang kemudian diteliti dengan pendekatan filologi, yang berfungsi untuk menganalisis fisik dan isi naskah. Metode analisis yang dipakai adalah metode studi pustaka dengan menggunakan pendekatan tafsir, yang berfungsi untuk mengetahui karakteristik penafsiran dan konteks dari Tafsir Choer Affandi. Dari segi karakteristik, bersumber bi al-Ra’yi mahmu@dah, metode tahlili, dan memiliki corak tasawuf, fiqh, adab al-Ijtima@’i. Sedangkan dari segi konteks yaitu penafsiran tentang iman, yaitu ma’rifat, iżżi’an dan qabu@l. Yakni meyakini, mengakui, dan menerima Allah adalah Tuhan yang Maha Esa, dan Rasulullah adalah utusan Allah, yang membawa wahyu yang menjadi pedoman manusia. Penafsiran Choer Affandi sarat dengan seruan pergerakan Islam, yaitu persatuan Islam, pengorbanan untuk agama, baik dari segi materi,pikiran dan tenaga, cara mempertahankan agama, pola pembangunan negara, dan pola pembinaan umat. Selain itu, Choer Affandi mengkritik praktik keagamaan sinkretik yang terjadi di masyarakat Indonesia terkhusus Sunda. Warna kesundaan dapat terlihat dalam penafsiran Choer Affandi baik dari tata krama bahasa, ungkapan tradisional Sunda, dan gambaran alam dan kebudayaan Sunda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tafsir; Choer Affandi; Al-Baqarah; Filologi; Sunda;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Husnatus Shifa
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:43
Last Modified: 15 Jan 2020 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item