Hubungan antara keterampilan bermain kartu kata bergambar dengan kemampuan kosakata pada anak usia dini: Penelitian di kelas A RA Nurul Amal Ciguruwik Kabupaten Bandung

Tripurnama, Evan (2019) Hubungan antara keterampilan bermain kartu kata bergambar dengan kemampuan kosakata pada anak usia dini: Penelitian di kelas A RA Nurul Amal Ciguruwik Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di RA Nurul Amal Ciguruwik Kabupaten Bandung diperoleh temuan bahwa keterampilan bermain kartu kata bergambar dan kemampuan kosakata pada anak masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Fenomena lainnya masih ada anak yang sulit menyebutkan huruf dalam kartu kata bergambar, ada anak yang masih harus dibimbing dalam menyusun kata sesuai dengan gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas keterampilan bermain kartu kata bergambar di RA Nurul Amal Kabupaten Bandung. (2) Realitas kemampuan kosakata pada anak kelas A RA Nurul Amal Kabupaten Bandung. (3) Realitas hubungan anatara keterampilan bermain kartu kata bergambar dengan kemampuan kosakata pada anak kelas A RA Nurul Amal Kabupaten Bandung.Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran bahwa tingkat keterampilan bermain kartu kata bergambar berhubungan dengan berbagai faktor, salah satunya aspek kemampuan kosakata anak. Dengan demikian patut diduga keterampilan bermain kartu kata bergambar sejak usia dini ada hubungannya dengan kemampuan kosakata pada anak dalam mengembangkan berbagai potensi psikis maupun fisik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan bermain kartu kata bergambar dengan kemampuan kosakata pada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan teknik korelasi Product Moment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, beserta alat pengumpul data lainnya berupa pedoman lembar observasi. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa realitas keterampilan bermain kartu kata bergambar berkategori cukup. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata sebesar 2,83 dan termasuk kedalam kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH) karena berada pada interval 2,5 – 3,24 Demikian pula realitas kemampuuan kosakata pada anak termasuk kategori cukup. Hal ini teerbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 2,82 dan termasuk kedalam kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH) karena berada pada interval 2,5 – 3,24. Sedangkan hubungan antara keterampilan kartu kata bergambar dengan kemampuan kosa kata anak, ditunjukan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,74. Nilai ini jika dilihat pada skala penilaian terletak pada interval 0,60- 0,79 yang berarti korelasi kuat. Selanjutnya hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung  ttabel (3,98  2,16). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya keterampilan bermain kartu kata bergambar dengan kemampuan kosakata pada anak memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kartu kata bergambar; kemampuan anak; Kosa kata;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: evan tripurnama saepudin
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:34
Last Modified: 14 Jan 2020 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28479

Actions (login required)

View Item View Item