Tradisi menghafal Alquran pada lembaga tahfidz modern: Studi kualitatif pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Plus Darul Hufadz dan implikasinya terhadap capaian hafalan berikutnya

Siddik, Rasyid Ja'far (2019) Tradisi menghafal Alquran pada lembaga tahfidz modern: Studi kualitatif pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Plus Darul Hufadz dan implikasinya terhadap capaian hafalan berikutnya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Telah banyak upaya dan solusi yang ditawarkan untuk menghafal Alquran yaitu banyak lembaga lembaga menerapkan system menghafal Alquran, baik itu lembaga formal ataupun lembaga non formal. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum sadar akan pentinnya menghafal Alquran. Maka, penelitian ini difokuskan pada dua hal : Bagaimana pembiasaan membaca Alquran terhadap hafalan Alquran, dan Implikasinya terhadap capaian hafalan berikutnya. Tujuan dan manfaat pengkajian tema tradisi menghafal Alquran pada lembaga tahfidz modern, yaitu : untuk mengetahui tradisi membaca surat pendek bagi para siswa-siswa Madrasah Aliyah Plus Darul Hufadz. Untuk mengetahui Implikasinya terhadap capaian hafalan berikutnya. Adapun manfaat dari penelitian ini secara praktis atau social adalah untuk menjadikan siswa-siswi lebih semangat dalam menghafal Alquran dengan menerapkan kebiasaan membaca surat-surat pilihan sebelum menghafal Alquran. Berdasarkan pada masalah yang dikaji dalam penelitian ini, maka penulis menggunakan berbagai hasil dari observasi peneliti dan hasil wawancara guna membuat pola pencarian data pada lembaga tahfidz modern. Penelitian ini difokuskan pada lembaga tahfidz modern yang didalamnya mengkaji tentang target hafalan Alquran, dan implikasinya terhadap capaian hafalan berikutnya. Selanjutnya, dilakukan analisa dengan menggunakan metode pengumpulan data. Penelitian ini bersifat Studi Kualitatif (Studi Lapangan). Ada dua sumber data yang menjadi landasan dalam penelitian ini. Pertama, Sumber data primer, dengan cara observasi lapangan dan wawancara terhadap siswa-siswi dan guru yang bersangkutan. Kedua, sumber data sekunder didapat dari karya-karya, seperti buku, makalah, jurnal, atau hasil dari pemikiran dan penelitian lainnya yang memiliki relevansi strategis dengan penelitian ini. Teknik pencarian data yakni observasi secara langsung oleh peneliti, wawancara kepada siswa-siswi, dan wawancara kepada guru yang bersangkutan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa menghafal Alquran tidak sesulit dari apa yang dipikirkan dan dengan menggunakan kebiasaan membaca surat-surat pendek sebelum menghafal menjadikan siswa-siswi menjadi akrab dengan Alquran dan menghasilkan capaian yang diinginkan oleh pihak lembaga terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: menghafal Alquran; lembaga tahfidz modern; capaian hafalan;
Subjects: Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rasyid Za'far Siddik
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:42
Last Modified: 14 Jan 2020 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28459

Actions (login required)

View Item View Item