Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi perubahan lingkungan: penelitian R & D terhadap kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Rahmatillah, Nesha Maulia (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem solving pada materi perubahan lingkungan: penelitian R & D terhadap kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (DAFTAER PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan lembaran – lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Berdasarkan observasi di SMA Muhammadiyah 4 Bandung, bahwa LKS di sekolah tidak dibuat langsung oleh guru, serta masih banyak guru yang belum mampu mengembangkan bahan ajar secara mandiri. Bahan ajar berupa LKS di sekolah adalah LKS yang didistribusikan oleh penerbit. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran guru terhadap pentingnya menyusun LKS yang sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya peserta didik mengeluh pembelajaran dengan menggunakan LKS, karena materi di dalam LKS yang tidak begitu rinci dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKS berbasis Problem Solving pada materi Perubahan Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan langkah – langkah tahap analisis kebutuhan, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung dengan jumlah 35 orang. Data yang diambil adalah hasil validasi kelayakan LKS, pengembangan LKS, hasil belajar, dan respon peserta didik dan guru yang dianalisis dengan deskriptip persentase. Hasil pengembangan LKS berbasis Problem Solving, aspek keterbacaan materi memperoleh 80,42%, dan kelayakan LKS 83,20%. Artinya LKS yang dikembangkan mudah dipahami dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKS berbasis Problem Solving mengalami peningkatan dan memiliki ketuntasan klasikal sebesar 65,7%. Pembelajaran menggunakan LKS berbasis Problem Solving memperoleh tanggapan yang sangat positif dari guru sebesar 3,5% dan peserta didik sebesar 3,65 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis Problem Solving pada materi Perubahan Lingkungan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja siswa; problem solving; perubahan lingkungan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 26 Dec 2019 01:54
Last Modified: 26 Dec 2019 01:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28447

Actions (login required)

View Item View Item