Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan minat siswa melanjutkan studi

Yuhana, Aliyan Maulana (2018) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan minat siswa melanjutkan studi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai program keahlian yang tergolong rendah, guru PAI di SMK Al-Falah belum memenuhi semua indikator kompetensi pedagogis. Namun nilai siswa pada mata pelajaran PAI sangat baik. Sejalan dengan kemajuan zaman dan kompleksnya dunia industri yang semakin kompetitif maka lulusan SMK tidak cukup mampu bersaing di dunia industi jika tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian, dan signifikansi hubungan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Prestasi belajar siswa berhubungan erat dengan taksanomi Bloom yang terdiri dari enam level dimulai dari tingkat intelektual yang rendah ke tingkat yang paling kompleks. Minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada satu bidang tertentu, bahkan dapat melahirkan sikap penolakan kepada guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian, serta ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Falah Nagreg Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, angket, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, korelasi product moment, dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai thitung sebesar -0,028< daripada ttabel 2.008 menunjukkan bahwa variabel Trus (X) tidak berpengaruh pada variabel partisipasi (Y1), kemudian berdasarkan nilai t, diketahui nilai thitung sebesar 1,618<ttabel 2,008 menunjukkan bahwa variabel Trus (X) tidak berpengaruh pada variabel partisipasi (Y2), dan nilai signifikansi -0,015<0,05 artinya tidak terdapat hubungan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi sesuai keahlian dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Y2) terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi(Y1).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik; Prestasi Belajar; Minat Melanjutkan Studi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aliyan Maulana Yuhana
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:27
Last Modified: 13 Jan 2022 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item View Item