Metode Pembelajaran Al-Qur'an: Studi komparatif metode Iqro' dan metode Ummi

Nursya'bani, Nursya'bani (2019) Metode Pembelajaran Al-Qur'an: Studi komparatif metode Iqro' dan metode Ummi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran membaca Alquran adalah komponen terpenting da-lam proses pembelajaran Alquran. Di Indonesia sudah banyak ditemukan metode pembelajaran yang beragam, yang diciptakan oleh para cendikiawan muslim, agar memudahkan umat muslim dalam mempelajari Alquran. Diantaranya metode Iqro’ dan metode Ummi. Akan tetapi keduanya pasti memiliki persamaan serta perbedaan dan kekurangan serta kelebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbe-daan, metoda Iqro’ dan metoda Ummi. Penelitian ini menggunakan metode analisis komparatif, yaitu dengan cara menganalisis materi dan metode yang digunakan dalam kedua buku metode terse-but. Kemudian membandingkan keduanya. Agar mengetahui persamaan serta perbedaan kedua buku metoda tersebut. Hasil yang dibuktikan dari penelitian ini adalah, metode Iqro’ adalah metode pembelajaran Alquran yang disusun oleh KH. As’ad Humam pada tahun 1988. metoda ini tercipta dari keresahan KH. As’ad Humam pada metoda-metoda sebelumnya. kemudia metoda Ummi, ialah metoda yang disusun pada tahun 2007 oleh Masruri dan A. Yusuf. MS untk memenuhi kebutuhan lembaga sekolah islam dalam pembelajaran Alquran. Kedua metoda ini memiliki persamaan yang mendasar, yaitu sama-sama terdiri dari enam jilid dimulai dari tingkatan yang terendah hingga tersulit. Kemudian terdapat persamaan dalam penyajian materi pada beberapa jilid diantaranya; jilid satu, dua, dan enam. Kedua metoda ini selalu melaksanakan evaluasi pada akhir setiap jilidnya. Adapun perbedaan yang terdapat pada kedua metoda tersebut adalah, metoda Iqro’ sangat sistematis dan bertahap dalam penyajiannya, hal tersebut tidak dimil-iki oleh metoda Ummi, karena metoda Ummi menyajikan materi yang berbeda-beda pada setiap jilidnya. hal ini dapat berpengaruh kepada objek yang akan menggunakan kedua metoda tersebut. Selain buku ajar, metoda Ummi memiliki buku pendamping yaitu gharib dan tajwid. Akan tetapi metoda Iqro’ lebih menon-jol dalam materi yang dianggap penting dalam pembelajaran Alquran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Iqro'; Metode Ummi; Pembelajaran Al-Qur'an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nursyabani Ani Siddiq
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:00
Last Modified: 26 Dec 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28380

Actions (login required)

View Item View Item