Pengaruh perencanaan anggaran terhadap akuntabilitas keuangan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung Tahun Anggaran 2015-2017

Shakina, Anggun Sefthiyani (2019) Pengaruh perencanaan anggaran terhadap akuntabilitas keuangan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung Tahun Anggaran 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Akuntabilitas keuangan merupakan pertanggung jawaban lebaga-lembaga publik untuk menggunakan uang publik secara efisien dan efektif, tidak ada pemborosan dan kebocoran dana serta korupsi. Dan akuntabilitas yang baik yaitu akuntabilitas yang sesuai dengan perencanaan anggaran yang telah disusun.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh perencanaan anggaran terhadap akuntabilitas keuangan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung Tahun Anggaran 2015-2017. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan Anggaran dari Indra Bastian (2010:165), yang mengatakan bahwa “Anggaran sebagai perencanaan, digunakan sebagai alat untuk menetapkan kehendak pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (public welfare) dengan jalan memanfaatkan sumber daya dan dana untuk mendukung kegiatan pembangunan jangka panjang dalam bentuk anggaran tahunan (annual budget)”. Dan teori dari Mahmudi (2010:23), yang menyebutkan bahwa “Akuntabilitas yaitu sebagai kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandate (principal) dan akuntabilitas keuangan, dimana mengharuskan lembaga-lembaga publik untuk membuat laporan keuangan untuk menggambarkan kinerja finansial organisasi kepada pihak luar”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Kuesioner disebar kepada 30 orang ASN Kecamatan Cibiru dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang memberikan kesempatan kepada semua populasi sebagai sampel. Hasil penelitian ini dilakukan dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji parsial (uji t). Untuk dimensi yang pertama yaitu perencanaan keuangan sebesar (0,320 ˂ 1,701), kedua dimensi anggaran modal sebesar (0,098 ˂ 1,701), dan untuk variabel perencanaan anggaran sebesar (5,986 ˃ 1,701) dengan tabel distribusi t, dicari dengan taraf kesalahan 5% (uji 2 sisi) dengan derajat kebebasan df (30-2) = 28. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,05) hasil di peroleh dari t tabel sebesar 1,701 hal ini dapat dinyatakan bahwa t hitung > t tabel dengan X1 (0,320 ˂ 1,701), X2 (0,098 ˂ 1,701), dan X (5,986 ˃ 1,701). Ketentuannya bila t hitung lebih kecil dari t tabel, maka Ho diterima dan Ha di tolak. Tetapi sebaliknya bila t hitung leih besar dari t tabel maka Ho di tolak dan Ha di terima. Dari hasil yang di sebutkan di atas, terlihat bahwa t hitung dari perencanaan keuangan(X1) t hitung lebih kecil dari t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, t hitung dari anggaran modal (X2) lebih kecil dari t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, dan perencanaan anggaran t hitung (X) lebih besar daripada t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas Keuangan; Perencanaan Anggaran; Administrasi Keuangan Negara; Kecamatan Cibiru Kota Bandung;
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: anggun sefthiyani shakinah
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:11
Last Modified: 20 Dec 2019 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28361

Actions (login required)

View Item View Item