Pengaruh implementasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa: Penelitian di Kelas XI MAN 1 Garut dan MAN 5 Garut

Jamil, Zamzam Lukmanul (2019) Pengaruh implementasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa: Penelitian di Kelas XI MAN 1 Garut dan MAN 5 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di MAN 1 Garut dan MAN 5 Garut yaitu adanya kesenjangan bahwa di satu pihak guru mempersiapkan administrasi dan perangkat pembelajaran dengan optimal didukung dengan fasilitas pembelajaran berbasis TIK di madrasah. Namun di pihak lain motivasi siswa ketika dalam proses pembelajaran rendah hal ini ditunjukan dengan masih adanya siswa yang tidak memperhatikan, tidak tepat waktu dalam proses pembelajaran dan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi pembelajaran berbasis TIK dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Garut dan MAN 5 Garut. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi belajar siswa (2) Mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa (3) Mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran berbasis TIK dan kinerja terhadap motivasi belajar siswa. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat, dalam tesis ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket yang disebarkan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara implementasi pembelajaran berbasis TIK (X1) dengan motivasi belajar siswa (Y) di MAN 1 Garut sebesar 17,4% dan di MAN 5 sebesar 1,1%. 2) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara kinerja guru (X2) dengan motivasi belajar siswa (Y) di MAN 1 Garut sebesar 1,1% dan di MAN 5 sebesar 1,1%. 3) Implementasi pembelajaran berbasis TIK dan kinerja guru di MAN 1 Garut berpengaruh positif secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 18,7%. Dan di MAN 5 Garut sebesar 77,1%. Nilai signifikansi implementasi pembelajaran berbasis TIK (X1) di MAN 1 = 0,001 < 0,05 (H0 ditolak) dan di MAN 5 Garut = 0,000 < 0,05 (H0 ditolak) artinya implementasi pembelajaran berbasis TIK signifikan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dan nilai signifikansi kinerja guru (X2) di MAN 1 Garut = 0,497 > 0,05 (H0 diterima) dan di MAN 5 Garut = 0,925 > 0,05 (H0 diterima) artinya kinerja guru tidak cukup signifikan mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis TIK; Kinerja Guru; Motivasi Belajar;
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zamzam Lukmanul Jamil
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:03
Last Modified: 07 Jan 2020 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item