Penerapan model Cooperative Script upaya mengembangkan sikap sosial siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Amanah Cileunyi: Penelitian quasi-eksperimen pada kelas VIII A SMP Al-Amanah

Farida, Mutia (2019) Penerapan model Cooperative Script upaya mengembangkan sikap sosial siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Amanah Cileunyi: Penelitian quasi-eksperimen pada kelas VIII A SMP Al-Amanah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Al-Amanah kelas VIII A, ditemukannya permasalahan bahwa siswa belum memiliki sikap sosial yang dirasa pada saat proses pembelajaran menggunakan model yang berorientasi pada guru saja. Akibatnya, dari jumlah keseluruhan 32 orang peserta didik, 20% dari keseluruhan siswa kelas VIII A memiliki masalah sikap sosial: 1) Pada saat guru menerangkan, siswa malah asik mengobrol dengan teman sebangkunya ataupun tidur. 2) Pada saat proses penugasan di kelas, siswa malah asik bermain dan tidak ada yang saling mengingatkan. 3) Siswa bergantian keluar masuk kelas tanpa izin terlebih dahulu kepada guru. Segala permasalahan yang dirasa, akhirnya mengakibatkan nilai ujian harian kurang dari patokan nilai KKN. Hal ini dirasa karena belum ditemukannya model pembelajaran yang mengembangkan sikap sosial siswa. Maka dari itu, Cooperative Script dirasa menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap sosial siswa. Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran menggunakan model Cooperative Script, 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Script terhadap perkembangan sikap sosial siswa kelas VIII A SMP Al-Amanah Cileunyi. Landasan teori dalam penelitian ini ialah bahwa proses pembelajaran tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan dalam pribadi peserta didik. Dalam hal ini, pengembangan sikap sosial menjadi output utama sebagai manifestasi perwujudan belajar. Faktor yang mempengaruhi tujuan pembelejaran tersebut ialah pemilihan model pembelajaran yang tepat. Model Cooperative Script sebagai model pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan sikap sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan jenis one group pretest posttest design, yakni kelas VIII A SMP Al-Amanah Cileunyi. Alat pengumpul data pada penelitian ini ialah lembar observasi dan tes berupa tes soal PG. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penelitian yang dianalisis melalui uji-t. Hasil penelitian diperoleh realitas bahwa : 1) perolehan skor dari aktivitas guru memiliki presentase 70% dan skor dari aktivitas siswa 75% berdasarkan kriteria penilaian memiliki nilai bobot 2 berkategori sedang. 2) perkembangan sikap sosial siswa di buktikan melalui hasil Uji-T berpasangan thitung 6,33 > ttabel 1,6972, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Namun, perkembangan sikap sosial terlihat dari hasil ujian pretest 58,22 dan posttest 63,22. Sedangkan kategori keterpengaruhan variabel X terhadap variabel Y dibuktikan hasil uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score adalah 0,32 (dalam bentuk persen 32%) dengan tingkat kategori 30 < g < 70 yaitu sedang.. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan sikap sosial siswa, penerapan model Cooperative Script memiliki pengaruh yang cukup signifikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Coperative Script; Sikap Sosial;
Subjects: Social Process
Social Process > Social Control
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Jan 2020 01:50
Last Modified: 10 Jan 2020 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item