Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): studi PT. Wijaya Karya Tbk periode 2008-2017

Fauziah, Fuzi (2019) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): studi PT. Wijaya Karya Tbk periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu analisis fundamental yang paling sering digunakan oleh para investor dan analisis sekuritas dalam menilai harga suatu saham adalah dengan pendakatan Current Ratio (CR). Net Profit Margin (NPM) merupakan rasio yang menggambarkan tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan dibandingkan dengan pendapatan yang diterima dari kegiatan operasionalnya. Besaran Return On Invesment dipengaruhi oleh rasio likuiditas dan profitabilitas dan rasio pasar. Peneliti menggunakan variable Current Ratio dan Net Profit Margin. Secara teori variabel profitabilitas dan rasio pasar berpengaruh positif, semakin tinggi profitabilitas perusahaan maka semakin besar pula nilai Return On Ivesmnet, karena jika profitabilitas perusahaan baik maka akan menarik banyak investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan dan akan juga berpengaruh pada harga saham perusahan. Namun, temuan dalam laporan keuangan PT. Wijaya Karya Tbk. Menunjukkan penyimpangan, dimana beberapa periode menunjukkan Current Ratio dan Net Profit Margin yang ada berbanding terbalik dengan Return On Invesment. Laporan Keuangan PT. Wijaya Karya Tbk. menjadi objek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Current Ratio terhadap Return On Invesmnet PT. Wijaya Karya Tbk. secara parsial (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin terhadap Return On Invesment PT. Wijaya Karya Tbk. secara parsial (3) mengetahui dan menganalisa pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Return On Invesment PT. Wijaya Karya Tbk. secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Wijaya Karya Tbk. periode 2015-2017. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Analisis regresi (sederhana,berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (uji t, uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 16.0 dan Microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai Uji t pengaruh Current Ratio terhadap Return On Invesment adalah -0,973 < 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya terdapat pengaruh negatif yang tidak signifikan. Sedangkan pengaruh Net Profit Margin terhadap Return On Invesment adalah -0,587 > 2,306 atau thitung < ttabel yang artinya terdapat pengaruh negatif yang tidak signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Return On Invesment adalah Fhitung > Ftabel yakni 4,939 > 4,26 dengan nilai signifikansi 0,036. Artinya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Return On Invesment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM); Return On Invesment (ROI);
Subjects: General Management
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: fuzi fauziah
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:33
Last Modified: 21 Jan 2020 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28225

Actions (login required)

View Item View Item