Penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi manusia : Penelitian pre eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung

Faridah, Diyanah (2019) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi manusia : Penelitian pre eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kendala dalam menyampaikan materi sistem ekskresi manusia karena adanya keterbatasan alat praktikum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, keterlaksanaan dan pengaruh pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan proses sains siswa. Dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang melibatkan siswa di dalamnya maka digunakan model pembelajaran cooperative script disertai pengamatan keterampilan proses sains siswa yang muncul melalui pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperiment yang melibatkan dua kelas yaitu kelas VIII C dan E dengan penerapan model pembelajaran yang sama. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi serta tes pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian menunjukan RPP bernilai 3,79 dengan kriteria baik, modul dengan nilai 4,45 termasuk kriteria sangat baik dan LKS dengan nilai 4,4 termasuk kriteria baik. Sedangkan untuk keterlaksanaan aktivitas baik guru maupun siswa terlaksana dengan baik, dengan persentase keterlaksanaan 93,64% untuk guru dan 88,88% untuk siswa. Hasil Uji T-paired kelas VIII C dan VIII E H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dari pembelajaran dengan menerapkan model cooperative script.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model cooperative script; keterampilan proses sains siswa; sistem ekskresi manusia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diyanah Faridah Albasyari
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:22
Last Modified: 12 Dec 2019 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28172

Actions (login required)

View Item View Item