Pemahaman dan implementasi para santriwati terhadap surat An Nur ayat 31: Studi kasus di PPIT Al Huda dan PPTQ Ulul Albab

Rohmah, Mahfudhoh Nur (2019) Pemahaman dan implementasi para santriwati terhadap surat An Nur ayat 31: Studi kasus di PPIT Al Huda dan PPTQ Ulul Albab. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya fenomena yang terjadi dalam menutup aurat mereka. Dalam hal menutup aurat ini, para ulama sampai sekarang masih memperdebatkan mengenai batasan-batasan aurat. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengambil tema tentang pemahaman dan implementasi para santriwati terhadap surat An-Nur ayat 31. Dengan membandingkan 2 pesantren dengan gaya pakaian yang berbeda, peneliti akan tahu bagaimana perbandingan pemahaman, implementasi serta motivasi mereka dalam menutup aurat. Jenis penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model deskripsi mendalam (thick description). Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman para santriwati terhadap surat An-Nur ayat 31 ini berpendapat sama mengenai isi dari surat An-Nur ayat 31. Apa yang mereka pahami tentang auratpun sama yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Sedangkan implementasi mereka sudah bagus dalam menerapkan di kehidupan sehari-hari mereka. 2) Motivasi yang mendorong mereka dalam mengenakan pakaian yang sesuai dengan tuntunan sangatlah beragam. Berdasarkan analisis sosiologi menurut Max Webber, terdapat empat jenis tipe aksi sosial, yaitu: (a) tindakan yang bermotif tradisi (tingkah laku atau kebiasaan) yaitu tindakan mereka yang sepenuhnya karena faktor dari lingkungan hidup mereka. (b) tindakan yang bermotif pada pengaruh yaitu tindakan mereka misalnya karena mereka malu, atau hal yang lain sehingga dari situlah mereka terpengaruh dengan hal yang lain. (c) tindakan yang bermotifkan terhadap nilai mutlak yaitu dikarenakan akan takut dosa karena itu perintah wajib dari Allah Swt. (d) Tindakan yang bermotifkan terhadap sistem yang diterima individu yaitu mereka memiliki tujuan tersendiri dalam melakukan sesuatu. Dari apa yang telah penulis lakukan, bahwa pemahaman para santriwati dari kedua pesantren terkait dengan surat An-Nur ayat 31 ini sama, yang membedakan adalah motivasi mereka dalam menutup aurat. Dalam memahami surat An Nur ayat 31 berdasarkan 2 pesantren yang diteliti, hanya 4 orang yang paham sesuai dengan indikator, 14 orang kurang memahami dan 2 orang tidak paham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Implementasi; Surat An-Nur ayat 31; PPTQ Ulul Albab; PPIT Al Huda
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mahfudhoh Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Dec 2019 02:07
Last Modified: 11 Dec 2019 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28156

Actions (login required)

View Item View Item