Schematic Structure and Copywriting Strategy in E-Mail Business Sales Letter

Asep Koswara, Asep (1209503025) (2014) Schematic Structure and Copywriting Strategy in E-Mail Business Sales Letter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti untuk mengetahui genre, struktur skema dan strategi copywriting pada e-mail. Penelitian ini berfokus pada e-mail dalam bentuk surat penjualan atau biasa disebut sales letter. Genre tidak hanya ditandai dengan tujuan komunikatif, tetapi juga sangat terstruktur atau terskemakan. Sebuah e-mail penjualan (sales letter) adalah bagian dari genre promosi yang dikategorikan kedalam beberapa genre dan menggunakan bahasa yang komunikatif serta sistematis. Selain itu, penggunaan copywriting juga sangat penting karena merupakan kekuatan sales letter. Penelitian ini dirumuskan dalam tiga pertanyaan mencakup apa jenis genre dalam e-mail sales letter yang biasa ditemukan? bagaimana skema struktur sales letter yang digunakan pada e–mail? dan bagaimana strategi copywriting yang digunakan pada yang e-mail sales letter? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis genre teks tertentu, struktur skema dan strategi copywriting pada e -mail sales letter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana data diambil dari akun e-mail pribadi peneliti sendiri, hunterlove_boy@yahoo.co.id dan sepp.idealiz@gmail.com. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan teori analisis genre. Genre teori dari Kankaanranta digunakan untuk menjawab pertanyaan pertama, teori struktur skematik dari Bhatia digunakan untuk menjawab pertanyaan kedua dan teori strategi copywriting Elmo Lewis digunakan untuk menjawab pertanyaan ketiga. Mengacu pada tiga pertanyaan penelitian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga genre teks tertentu dari e-mail sales letter. Kemudian untuk struktur skema, ada tujuh langkah, dan strategi copywriting, peneliti menemukan empat teori. Akhirnya, dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mereka yang memiliki akun e-mail seharusnya berhati-hati, tidak mengambil tindakan langsung setelah menerima e-mail. Hal ini karena berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa kebanyakan e-mail yang berisi sales letter menggunakan skema dan strategi tertentu untuk membuat pembaca percaya terhadap isi e-mail tersebut untuk kemudian mengambil tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: genre, genre analysis, dialogue genre, postman genre, noticeboard genre, schematic structure, copywriting strategy, e-mail business sales letter
Subjects: Data Processing, Computer Science > Electronic Mail, Email
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:36
Last Modified: 31 Jan 2017 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item