Implementasi metode Ummi untuk meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik pada mata pelajaran Al quran Hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung

Nursa'adah, Khoerunisa (2019) Implementasi metode Ummi untuk meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik pada mata pelajaran Al quran Hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan permasalahan yang terjadi pada pemahaman tajwid peserta didik materi waqaf dan washal dalam mata pelajaran Al Quran Hadits yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan ini terjadi salah satunya, karena guru belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh terhadap pemahaman tajwid peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui implementasi metode Ummi untuk meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik pada mata pelajaran Al Quran Hadits di Kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pemahaman tajwid peserta didik sebelum diterapkan metode Ummi, (2) mengetahui proses pembelajaran tajwid materi waqaf dan washal dengan menggunakan metode Ummi, (3) mengetahui pemahaman tajwid peserta didik setelah diterapkan metode Ummi. Penelitian ini mengacu pada kerangka berfikir bahwa metode Ummi adalah salah satu metode membaca Al Quran yang langsung memasukkan dan mempraktikkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Diduga penerapan metode Ummi dapat meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik materi waqaf dan washal pada mata pelajaran Al Quran Hadits di kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menempuh dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dan pendekatan logika untuk data kualitatif. Subjek Penelitian yaitu peserta didik kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung yang berjumlah 25 orang laki-laki 14 orang dan perempuan 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: (1) Pemahaman tajwid peserta didik sebelum menerapkan metode Ummi masih rendah dengan nilai rata-rata 49,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 20%. (2) Proses pembelajaran tajwid peserta didik dengan menggunakan metode ummi terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan. Persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I adalah 77,5% dan siklus II adalah 95%. Sedangkan, Persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 61,5% dan siklus II adalah 88,5%. (3) Pemahaman tajwid peserta didik setelah diterapkan metode Ummi mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 66,5 dan persentase ketuntasan klasikal 48% dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,9 dan persentase ketuntasan klasikal 94%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Ummi dapat meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik materi waqaf dan washal pada mata pelajaran Al Quran Hadits di kelas V MI Nurul Falah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Tajwid; Metode Ummi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoerunisa Nursa'adah
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:29
Last Modified: 02 Dec 2019 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item