Implementasi Corporate Social Responsibility Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd melalui program Rumah Pintar: Studi deskriptif pada External Relations Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd

Ramadhan, Mohamad Gilang (2019) Implementasi Corporate Social Responsibility Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd melalui program Rumah Pintar: Studi deskriptif pada External Relations Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Implementasi Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd Melalui Program Rumah Pintar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana perusahaan menangani kewajibannya dalam menunaikan tanggung jawab sosial perusahaan, serta pentingnya bagaimana perusahaan menjalin hubungannya dengan stakeholder. Program corporate social responsibility ketika diimplementasikan tidak hanya menguntungkan sasaran program, tetapi perusahaan akan merasakan keuntungan berupa legitimasi dari masyarakat. Perusahaan mengangkat Program Rumah Pintar ini berdasarkan kebutuhan masyarakat pada saat itu. Rumah Pintar merupakan program CSR yang bergerak di koridor pendidikan nonformal, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses Implementasi CSR yang dilakukan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Rumah Pintar. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan proses manajemen PIE, yang terdiri dari perencenaan, implementasi (pelaksanaan), dan evaluasi. Dalam penelitian implementasi program Rimah Pintar, akan memperhatikan prinsip-prinsip CSR seperti, sustainability, transparency, dan accountability yang memiliki kedudukan penting. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun untuk pengumpulan data, teknik yang digunakan diantaranya adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CSR Rumah Pintar, dimulai dari perencanaan, terdapat ragam kegiatan yang dilakukan diantaranya: menetapkan visi & misi, social mapping, penyediaan sumber daya manusia, hingga penyediaan dana. Selanjutnya ada proses pelaksanaan program yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya: penyebaran informasi, screening & placement test, kegiatan belajar mengajar, pengarahan kepada peserta didik, dan lepas sambut peserta didik. Kemudian ada proses evaluasi yang diantaranya: monitoring dan evaluasi, stakeholder gathering, dan pelaporan bulanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Corporate Social Responsibility; Rumah Pintar
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mohamad Gilang Ramadhan
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:32
Last Modified: 29 Nov 2019 06:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27937

Actions (login required)

View Item View Item