Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstoring terhadap Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa : penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukatani

Qomariah, Rosyadatul (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstoring terhadap Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa : penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukatani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Sukatani. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran braintorming. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran brainstorming dengan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data tes diperoleh: (a) Secara umum aktivitas guru dan siswa termasuk pada kategori baik. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode brainstorming dengan model konvensional secara keseluruhan dan terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (c) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan metode brainstorming dengan model konvensional. (d) Sikap kemandirian belajar siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran brainstorming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Kemandirian; Eksperimen;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:38
Last Modified: 28 Nov 2019 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27932

Actions (login required)

View Item View Item