Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperaring, Transferring berbantuan software berbasis android dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Confidence Siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII MTs Khusus Ciloa

Maulana, Ahmad (2019) Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperaring, Transferring berbantuan software berbasis android dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Confidence Siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII MTs Khusus Ciloa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di MTs Khusus Ciloa Limbangan, Garut. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan representasi dan self confidence adalah dengan menerapkan pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring berbantuan software Pembelajaran Lingkaran SMP berbasis android (REACT-Sf). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan tingkat PAM siswa; (c) peningkatan self confidence siswa terhadap pembelajaran matematika sebelum dan setelah menggunakan pendekatan REACT-Sf. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan REACT-Sf dengan model konvensional. (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan pendekatan REACT-Sf sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian, pendekatan REACT-Sf efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: REACT; Software Berbasis Android; Kemampuan Representasi Matematis; Self Confidence
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Maulana Sidiq
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:10
Last Modified: 30 Dec 2019 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27801

Actions (login required)

View Item View Item