Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016

NURLIAWATI, LIA (2019) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada investasi di pasar modal yang memberikan ketidakpastian dan resiko tinggi yang mungkin terjadi. Bagi investor informasi tentang Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang diambil diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share secara simultan maupun secara parsial terhadap Return Saham pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016 dengan menggunakan sampel sebanyak 9 perusahaan. Berdasarkan teori menurut Kasmir (2015) Debt to Equity Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas. Nurdiono et all (2019) Debt to Equity Ratio ktidak memiliki efek statistik yang signifikan tetapi memiliki efek positif pada Return Saham, layanan yang baik meningkatkan penjualan, sehingga akan berdampak pada kenaikan Return Saham. Menurut Tandelilin (2010), Earning Per Share merupakan laba bersih setelah bunga dan pajak yang siap dibagikan kepada pemegang saham dibagi dengan jumlah lembar saham perusahaan. Menurut Fahmi (2013) Return adalah keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan, individu dan institusi dari hasil kebijakan investasi yang dilakukannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dan uji hipotesis, dengan menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan tingkat signifikansi 0.05 (5%) dan koefisien determinasi (R2). Analisis data menggunakan aplikasi komputer pengolahan data panel, yaitu Eviews Version 8. Metode yang digunakan dalam regresi data panel menggunakan Fixed Effect Model. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (t-test) menunjukan bahwa variabel Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return Saham karena memiliki sig sebesar 0.00 < 0.05. sedangkan secara parsial Earning Per Share berpengaruh positif terhadap Return Saham karena memiliki sig sebesar 0.03 < 0.05. Berdasarkan hasil secara simultan (Uji F) diperoleh tingkat sig sebesar 0.02 < 0.05 Ho ditolak. Artinya Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return Saham. Berdasarkan hasil Uji koefisien Determinasi (R2) nilai koefisien determinasi dengan menggunakan model Fixed Effect sebesar 0.624737 atau 62.47%. sisanya sebesar 37.53% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), dan Return Saham
Subjects: Econmics > General Publications of Economic
Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lia Nurliawati Nurliawati
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:01
Last Modified: 25 Nov 2019 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27793

Actions (login required)

View Item View Item