Tanggapan siswa terhadap metode Take and Give hubunganya dengan Motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian di Mts Al'Imaroh Kabupaten Bekasi

Muhammad Aziz, Sayuti (2019) Tanggapan siswa terhadap metode Take and Give hubunganya dengan Motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian di Mts Al'Imaroh Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari berbagai fenomena yang muncul di lingkungan Mts Al-Imaroh Kabupaten Bekasi, yakni guru berusaha menunjukan semangat dan motivasi belajar untuk siswa agar selalu gigi dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan presentase keberhasilan belajar kurang optimal, adapun data hasil belajar yang di dapat pada Ujian Tengah Semester dari guru Aqidah Akhlak hal yang di lihat dari nilai Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) sedikit presentase siswa kelas VIII Mts Al-Imaroh kurang memenuhi Kriteria Kelulusan Minimum (KKM). Setelah melihat data ketuntasan nilai UTS (Ulangan Tengah Semester) tersebut, hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Al-Imaroh masih tergolong rendah, karena masih banyak siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Kelulusan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) realitas tanggapan siswa terhadap metode take and give, 2) realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak, 3) realitas hubungan tanggapan siswa terhadap metode take and give dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII Mts Al-Imaroh Kabupaten Bekasi yang berjumlah 32 siswa/i. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa motivasi belajar itu timbul setelah adanya tanggapan terhadap suatu objek. Dari asumsi teori ini diajukan hipotesis semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan metode Take and Give, maka akan semakin tinggi motivasi belajar mereka dalam mengikuti mata pelajaran aqidah akhlak. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara,observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif serta pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian variabel X menunjukan kualifikasi tinggi. Hal ini berdasarkan angka rata-rata sebesar 4,1 yang berada pada rentang interval 3,5 – 4,5. Variabel Y dengan rata-rata sebesar 2,89 yang berada pada rentang interval 2,5 – 3,5. Dengan taraf signifikasi 5%, hipotesisnya thitung > ttabel atau 0,84 >0,35. Artinya terdapat korelasi yang sangat rendah antara tanggapan siswa terhadap metode take and give hubunganya dengan motivasi elajar mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak. Koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,15. Hal ini berarti korelasinya sangat rendah karena berada pada interval 0,00 < r <0,199. Derajat pengaruhnya sebesar 1% dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 99% yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VIII Mts Al-Imaroh kabupaten bekasi pada mata pelajaran aqidah akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: siswa; Take and Give; Motivasi; Aqidah; Akhlak; Mts Al'Imaroh; Kabupaten Bekasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sayuti Muhammad Aziz
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:52
Last Modified: 04 Dec 2019 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27787

Actions (login required)

View Item View Item