Upaya meningkatkan kecerdasan logis matematis melalui kegiatan eksplorasi mengukur tanaman: Penelitian tindakan kelas pada kelompok B di RA Golden Rabbani Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Umami, Dian (2019) Upaya meningkatkan kecerdasan logis matematis melalui kegiatan eksplorasi mengukur tanaman: Penelitian tindakan kelas pada kelompok B di RA Golden Rabbani Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di RA Golden Rabbani pada pengembangan aspek logis matematis banyak yang belum terlaksana secara maksimal. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kecerdasan logis-matematis pada kelompok B di RA Golden Rabbani Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sebelum dilakukan kegiatan eksplorasi mengukur tanaman. Mengetahui penerapan kegiatan eksplorasi mengukur tanaman dalam meningkatkan kecerdasan logis-matematis pada kelompok B di RA Golden Rabbani Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung pada setiap siklus. Mengetahui kecerdasan logis-matematis pada kelompok B di RA Golden Rabbani Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung setelah dilakukan kegiatan eksplorasi mengukur tanaman pada seluruh siklus. Metodologi penelitian ini menggunakan metode campuran/ mixed method dengan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Model penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model PTK yang bersifat kolaboratif. Proses pelaksanaan kegiatan eksplorasi mengukur tanaman ini adalah suatu pembelajaran yang mengombinasikan kegiatan sains dan matematika. Tahapan penelitian terdiri dari empat poin yaitu: perencanaan (Planning), Pelaksanaan/tindakan (Acting), Observasi/Pengamatan (Observing-Evaluating), dan tahap Refleksi (Reflectif). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi aktivitas guru, lembar unjuk kerja anak, dan dokumentasi. pengamatan yang dilakukan yaitu peningkatan pemahaman anak, daya ingat anak, minat anak ketika berekplorasi dan kemampuan anak dalam mengukur. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan kegiatan eksplorasi mengukur tanaman dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis. Hasil dari analisis data didapatkan perhitungan aktivitas guru pada siklus I tindakan pertama sebesar 69,56%, dan tindakan kedua 78,26% dengan nilai rata-rata sebesar 73,91% termasuk kualifikasi baik, pada siklus II tindakan pertama sebesar 86,95% dan tindakan kedua 100% dengan nilai rata-rata sebesar 95,46% termasuk kualifikasi sangat baik dan berhasil. Perhitungan hasil pengamatan pada penilaian aktivitas anak pada siklus I tindakan pertama sebesar 68,61% dan tindakan kedua 73,48%, nilai rata-rata sebesar 71,041% termasuk kualifikasi baik. Pada siklus II tindakan pertama dan kedua sebesar 85,96 termasuk pada kualifikasi sangat baik. Perhitungan pada penilaian unjuk kerja anak sebelum dilakukan tindakan sebesar 67,77% termasuk kriteria cukup, penilaian unjuk kerja anak pada siklus I tindakan pertama sebesar 72,59% dan tindakan kedua 78,88% dengan nilai rata-rata sebesar 75,35% termasuk kriteria baik. Pada siklus II tindakan pertama dan tindakan kedua 89,17% termasuk kriteria sangat baik. Pelaksanaan kegiatan eksplorasi dilakukan melalui kegiatan mengklasifikasikan, mengamati, memahami, mengingat dan mengukur tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: dian umami
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:17
Last Modified: 26 Nov 2019 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27670

Actions (login required)

View Item View Item