Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Geogebra

A. Damhuri, Solihat (2019) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Geogebra. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model problem based instruction berbantuan geogebra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh model problem based instruction berbantuan geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based instruction berbantuan geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah; (c) Sikap kemandirian belajar siswa pada model problem based instruction berbantuan geogebra. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 6 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang memperoleh model problem based instruction berbantuan geogebra dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh model problem based instruction berbantuan geogebra dengan yang memperoleh model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang, dan rendah); (c) Sikap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model problem based instruction berbantuan geogebra menunjukkan respon positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction; geogebra; komunikasi matematis; kemandirian belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Solihat A Damhuri
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:24
Last Modified: 22 Nov 2019 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item View Item