Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator And Explaining terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Cikampek Kabupaten Karawang)

Rismayanti Adriyani, Rismayanti (1211205062) (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator And Explaining terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Cikampek Kabupaten Karawang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Cikampek. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining pada pokok bahasan kubus dan balok. (b) Perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa, model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining dan model konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan instrumen nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik di setiap pertemuannya. (b) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa, model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif biasa dan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining secara umum respon siswa positif. Kata Kunci: ANOVA satu jalur, Kooperatif, Representasi Matematis, Student Facilitator And Explaining.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ANOVA satu jalur, Kooperatif, Representasi Matematis, Student Facilitator And Explaining
Subjects: Cooperative
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: miss yuni da'wah
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:14
Last Modified: 31 Jan 2017 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item