Pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa: Penelitian RnD dan eksperimen pada siswa kelas VIII MTsN 4 Sukabumi

Maulana F, Tedi (2019) Pengaruh penggunaan bahan ajar komik berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa: Penelitian RnD dan eksperimen pada siswa kelas VIII MTsN 4 Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Bahan Ajar Komik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini melibatkan 62 siswa, 31 kelas eksperimen dan 31 kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian peningkatan aktivitas guru dan siswa pada tiap pertemuan. Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model Pembelajaran Bahan Ajar Komik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Sikap kemandirian belajar siswa terhadap model pembelajaran Bahan Ajar Komik menunjukkan sikap yang positif. Solusi dari hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dapat diminimalisir melalui soal-soal non rutin. Kesimpulan: Pembelajaran Bahan Ajar Komik memfasilitasi proses konstruksi, temuan, interaksi sosial, reflektif sehingga mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahan Ajar Komik; Kemampuan Pemecahan Masalah serta Kemandirian Belajar
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tedi Maulana Firmansyah
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:17
Last Modified: 22 Nov 2019 02:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item