Penggunaan model pembelajaran Somatic Audiotory Visualization Intelectual (SAVI) berbantu alat peraga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Nurjanah, Siti (2019) Penggunaan model pembelajaran Somatic Audiotory Visualization Intelectual (SAVI) berbantu alat peraga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan, hal ini untuk melatih siswa agar kritis terhadap penomena yang dilihat disekitarnya. Keterampilan berpikir kritis ini dapat dikembangkan dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat di sekolah, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu alat peraga, menganalisis peningkatam keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu alat peraga serta mendeskripsikan respon siswa tehadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran guru 92,81% dan siswa 82,20% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,6 untuk kelas eksperimen dan 0,4 untuk kelas kontrol dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model SAVI memberikan pengaruh positif dengan rata-rata persentase sebesar 70,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji t H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang cukup signifikan baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Dengan kata lain model SAVI cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran SAVI; berpikir kritis; sistem ekskresi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siti nurjanah
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:03
Last Modified: 21 Nov 2019 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27580

Actions (login required)

View Item View Item