Pembelajaran matematika dengan strategi Induktif-Deduktif, Abduktif-Deduktif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII MTs. N 2 Bandung

Triandiani, Widi (2019) Pembelajaran matematika dengan strategi Induktif-Deduktif, Abduktif-Deduktif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII MTs. N 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan sikap siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran diantaranya strategi pembelajaran Induktif-Deduktif (ID) dan Abduktif-Deduktif (AD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD, dan konvensional, (2) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ID, AD, dan konvensional, dan (3) Sikap siswa terhadap strategi pembelajaran ID dan AD. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sample menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sample kelas VIII G menggunakan strategi pembelajaraan ID, kelas VIII F menggunakan strategi pembelajaran AD dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD dan konvensional, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ID, AD, dan konvensional, dan (3) Sikap siswa positif terhadap model pembelajaran ID dan AD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Induktif-Deduktif; Abduktif-Deduktif; Komunikasi Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Widi Triandiani
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:42
Last Modified: 20 Nov 2019 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27579

Actions (login required)

View Item View Item